Laman

Jumat, 22 April 2011

Phantom Cosmonauts, Pionir yang Tak Dikenal Dunia (part 2)

Halo readers. Sekarang aku ngelanjutin aja dulu postingan yang kemaren, yaitu tentang phantom cosmonauts.
Kayak yang aku bilang, masih banyak nama-nama kosmonot yang 'hilang' selain yang udah aku kasih tau kemaren. Yang real antara lain :


- Alexis Belokonioff. Kosmonot ini terbang ke orbit pada tanggal 15 Mei 1962. Tapi dia diduga hilang di orbit. Jadi orang-orang nggak tau kayakmana nasib si Belokonioff.

- Terus ada Ivan Kachur yang terbang ke orbit tanggal 27 September 1960. Nasibnya sama kayak si Belokonioff.

- Ada lagi yang namanya Andrei Mitkoff, yang terbang ke orbit pada bulan Januari 1959. Yang ini malah nasibnya lebih apes dari Belokonioff & Kachur. Sebelum sampe ke orbit, pesawat yang ditumpangi si Mitkoff udah ilang duluan.

- Terus ada lagi Kolonel Piotr Dolgov. Kalo yang ini masih simpang siur ceritanya. Ada yang bilang dia tewas di kapsul vostok yang jatoh pada tanggal 11 Oktober 1960. Terus ada yang bilang juga dia sebenernya tewas tanggal  1 November 1962, gara-gara baju luar angkasa Dolgov kehilangan tekanan waktu dia terjun make parasut dari balon Volga dari ketinggian 28,640 meter.


Selain diatas, ada juga kosmonot-kosmonot yang sempet duduga bener-bener ada, padahal sebenernya cuma hoax. Cekibring

- Yang pertama namanya Andrei Mikoyan. Ceritanya Mikoyan dan kru kedua yang nggak diketahui namanya dikirim ke bulan di sekitaran tahun 1969. Tapi naasnya, pesawat mereka keluar dari jalur penerbangan bulan, dan terus ilang di luar angkasa lepas. Serem ya kisahnya, untung cuma hoax.

- Ada juga yang namanya Igor Fedrov. Sempet beredar rumor, bahwa pas pemerintahan Uni Soviet runtuh, masih ada seorang kosmonot bernama Igor Fedrov yang terjebak di reruntuhan stasiun luar angkasa MIR milik Soviet.


- Nah, yang ketiga ini hoax paling keren kalo menurut aku. Ceritanya, pada tahun 1976 seorang kosmonot bernama Nikolai Peckmann dikirim ke luar angkasa seorang diri. Dia ditempatin di sebuah stasiun luar angkasa dan disuruh ngejalanin misi yang disebut 'mission six' yaitu misi yang bertujuan meneliti tingkatan radiasi aneh yang ngebunuh empat kosmonot sebelomnya. Tapi pas hari ketiga, Peckmann ngirim pesan transmisi radio ke bumi. Dia bilang arwah empat kosmonot yang mati itu ngejer dia terus-terusan dan bakalan ngebawa dia pergi. Di rekaman video ngeliatin kalo si Peckmann lari ngiterin stasiun luar angkasa itu, sambil terus-terusan nenggak obat penenang cadangan yang ada, berenti di pojok, dan ngelemparin botol obat itu ke hantu yang nggak keliatan. Setelah itu, terjadi gangguan transmisi, dan rekaman video yang terhenti cuma nunjukin baju luar angkasa Peckmann yang kosong di lantai.
Kisah yang keren, serem, dan kayaknya nggak mungkin banget. Banyak orang yang percaya kalo itu beneran terjadi. Tapi ternyata, kisah itu cuma viral marketing !! Iya, kisah itu cuma buat promosiin kaos. Strategi pemasaran yang keren banget nih. Aku kasih gambar kaosnya:


Lumayan keren juga kaosnya. Eh, sekian dulu postingnya. Yang mau kritik saran, monggo. Dan kalo ada salah kata, mohon dimaafkan.
     

2 komentar:

hayoo, kalo komen yang sopan ya