Laman

Kamis, 21 April 2011

Phantom Cosmonauts, Pionir yang Tak Dikenal Dunia (part1)

Hai, readers. Aku langsung posting aja lah ya. Biar blognya keliatan rame. Postingan pertama aku adalah tentang Phantom Cosmonauts atau yang dikenal juga dengan nama Lost Cosmonauts.
 

Phantom Cosmonauts atau Lost Cosmonauts adalah istilah untuk nyebutin kosmonot2 (astronotnya Soviet) yang 'hilang', tidak diketahui, atau bahkan dirahasiakan keberadaannya. Pada waktu pemerintahan komunis Uni Soviet masih jaya-jayanya, mereka udah banyak banget ngejalanin program-program untuk ngirim manusia ke luar angkasa. Beberapa program ada yang sukses, tapi ada juga yang gagal. Karena saat itu Soviet lagi terlibat Perang Dingin sama AS, pemerintah Soviet pastinya nggak mau kalo kegagalan program angkasa mereka bocor ke publik, terus ketauan sama AS. Jadi kosmonot-kosmonot ini, pionir-pionir perjalanan ruang angkasa pertama ini, dirahasiain keberadaanya sama Soviet. Aku cantumin daftar kosmonotnya, sebagian ada yang asli, tapi ada juga yang hoax. Cekibring




Orang-orang taunya Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang sampai di luar angkasa. Tapi sebenernya, ada kosmonot yang udah mencapai luar angkasa sebelum Gagarin. Antara lain :

-Seorang kosmonot yang nggak diketahui namanya meluncur ke luar angkasa pada tanggal 2 Februari 1961. Naasnya, kapsul luar angkasanya keluar jalur penerbangan dan si kosmonot terserang gagal jantung (serem amat ya). Si kosmonot inipun tewas di luar angkasa. Oh iya, suara napas & suara detak jantung terakhir si kosmonot bisa didonlot disini dan disini (sumpah, merinding dengernya). Tapi ini cuma bisa disetel make realplayer.

-Yang kedua, seorang kosmonot bernama Vladimir Ilyusin terbang ke orbit pada tanggal 7 April 1961. Dia kembali ke Bumi, tapi kapsulnya jatoh di Cina, bikin Vladimir luka parah. Untungnya dia selamet.

-Seorang kosmonot cewek bernama Ludmila menjadi cewek pertama yang mencapai luar angkasa, pada tahun 1961 (selama ini orang taunya Valentina Thereshkova kan ?). Peristiwa ini ketauan ketika dua orang Italia bersaudara, Judica & Cordiglia, berhasil nagkep komunikasi radio antara si kosmonot dengan kontrol misi. Kayaknya mereka dapet masalah pas kapsul angkasanya memaasuki proses re-entry. Dalam percakapan itu, si kosmonot cewek terus bilang kalo," suhu disini terus naik. Aku kepanasan. Aku nggak bisa napas," (ngeri ya). Akhirnya tu kapsul bersama penumpangnya terbakar habis karena gesekan dengan atmosfer bumi. Seram nian. Berikut aku kasih transkrip percakapan antara kosmonot cewek dengan kontrol misi :

five...four...three ...two...one...one
two...three...four...five...
come in... come in... come in...
LISTEN...LISTEN! ...COME IN!
COME IN... COME IN... TALK TO ME!
TALK TO ME!... I AM HOT!... I AM HOT!
WHAT?... FORTYFIVE?... WHAT?...
FORTYFIVE?... FIFTY?...
YES...YES...YES... BREATHING...
BREATHING... OXYGEN...
OXYGEN... I AM HOT... (THIS)
ISN'T THIS DANGEROUS?... IT'S ALL...
ISN'T THIS DANGEROUS?... IT'S ALL...
YES...YES...YES... HOW IS THIS?
WHAT?... TALK TO ME!... HOW SHOULD I
TRANSMIT? YES...YES...YES...
WHAT? OUR TRANSMISSION BEGINS NOW...
FORTYONE... THIS WAY... OUR
TRANSMISSION BEGINS NOW...
FORTYONE... THIS WAY... OUR
TRANSMISSION BEGINS NOW...
FORTYONE... YES... I FEEL HOT...
I FEEL HOT... IT'S ALL... IT'S HOT...
I FEEL HOT... I FEEL HOT... I FEEL HOT...
... I CAN SEE A FLAME!... WHAT?...
I CAN SEE A FLAME!... I CAN SEE A
FLAME!...
I FEEL HOT... I FEEL HOT... THIRTYTWO...
THIRTYTWO... FORTYONE... FORTYONE AM I GOING TO CRASH?... YES...YES... I FEEL HOT!...
I FEEL HOT!... I WILL REENTER!... I WILL REENTER...
I AM LISTENING!... I FEEL HOT!...

Serem ya. Oh iya, rekaman suara antara si Ludmila dengan kontrol misi bisa didonlot disini, tapi cuma bisa dibuka pake realplayer, sama kayak yang diatas.  

Yaudah, segitu dulu aja postingnya. Sebenernya, masih banyak nama kosmonotnya, tapi ntar kalo aku tulis semua jadinya kepanjangan. Jadi, kapan-kapan aja aku lanjutin. Kalo ada salah kata, mohon maap sebesar-besarnya yaw.

source: www.lostcosmonauts.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hayoo, kalo komen yang sopan ya